dkv@isi.ac.id 0274-381590

Pameran



International Art Exhibition and Academic Collaboration

LOCAL 4 GLOBAL

Silpakorn University Thailand


          Kerjasama dengan universitas dari luar negeri menjadi suatu hal yang wajib dilakukan  oleh prodi DKV ISI Yogyakarta. Selain dengan ULM Jerman, DKV ISI Yogyakarta juga telah menjalin hubungan baik dengan Silpakorn University Thailand dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Beberapa kegiatan telah dilakukan bersama sebagai wujud dari kerjasama yang telah terjalin antara DKV ISI Yogyakarta dengan Silpakorn University Thailand. Seperti dalam tahun sebelumnya DKV ISI Yogyakarta telah diundang untuk mengikuti event yang diselenggarakan oleh SIlpakorn University Thailand berupa Animation Boothcamp. Acara tersebut melibatkan mahasiswa DKV ISI Yogyakarta, mahasiswa Department of Visual Communication Design di Faculty of Decorative Arts Silpakorn University, dan Tokyo University of The Arts, Graduate School of Film and New Media dan UNIJAPAN sebagai pemateri workshop. Pelaksanaan Animation Bootcamp Workshop di kampus Sanam Chandra Palace Silpakorn University, Nakhon Pathom Thailand tersebut telah memperoleh hasil yang mengesankan. Tentu saja hal ini memberikan semangat bagi DKV ISI Yogyakarta untuk melakukan kegiatan bersama kembali dan diupayakan dilakukan secara berkelanjutan.


          Local 4 Global merupakan tema kegiatan International Art Exhibition and Academic Collaboration. Sebuah kolaborasi akademis berupa pameran dan workshop antara Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dan Silpakorn University Thailand. Kegiatan ini melibatkan tidak hanya dosen namun juga mahasiswa dari kedua kampus tersebut. Beberapa karya terbaik dari dosen maupun mahasiswa DKV ISI Yogyakarta dipamerkan dalam event ini. Bukan hanya itu saja, pembukaan pameran ini juga menampilkan aksi kolaborasi dua illustrator antara dua kampus tersebut yang menorehkan sketsanya diatas kanvas secara bersama, dimana untuk ISI Yogyakarta diwakili oleh Drs. Asnar Zacky, MSn.


          Selain pameran DKV ISI Yogyakarta juga memberikan workshop kepada mahasiswa Department of Visual Communication Design di Faculty of Decorative Arts Silpakorn University. Para mahasiswa yang sudah dipilih itu mendapatkan materi workshop “Life Caricature Drawing In A Fun Way” yang disampaikan oleh Drs. Asnar Zacky, M.Sn dan dibantu oleh dua mahasiswa DKV ISI Yogyakarta yaitu Irna Audina dan Nurhana. Harapannya, pameran bersama dan workshop ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat berkontribusi positif bagi kedua universitas disamping agar kerjasama yang telah terjalin tetap harmonis dan sekaligus nantinya level kerjasamanya menjadi semakin meningkat di kemudian hari.